Beranda

RESEARCH

Monthly Highlight

12 Agustus 2020

Early Bird 12 August 2020

Gold Blasts -5.67%, Coal Plunges -3.31%!!! Titik terang penemuan vaksin Corona dan lebih bagusnya released data ekonomi dibanding perkiraan awal mendorong harga emas terjun bebas kedasar jurang dan bukan mustahil harga emas akan terus terkapar kedepannya jika 6 perusahaan farmasi global, paling sedikit, benar-benar memproduksi dan menjual vaksin Corona secara massal sehingga tidak berlebihan jika investor sudah harus mengurangi bobot saham berbasis logam emas (seperti: MDKA, ANTM, PSAB, UNTR) dimana investor juga perlu mengantisipasi terjadinya aksi jual atas saham berbasis Coal setelah semalam  harga Coal Newcastle Port Delivery September turun -3.31% dan jika dikombinasikan dengan jatuhnya DJIA sebesar -0.38% (setelah  naik selama 7 hari) serta jatuhnya EIDO -0.58% maka menjadi sentimen yang kurang sedap bagi investor dihari Rabu ini ditengah pencapaian jumlah tertinggi kembali korban yang terjangkiti dan tewas akibat Corvid19, dimana dihari Selasa ada +1,693 orang terjangkit Corvid sehingga sejauh ini korban terjangkiti Corvid19 mencapai 128,776 orang (sukses jauh mengungguli China, diduga sebagai negara asal-muasal Virus Corona) dengan penambahan korban tewas dihari Selasa sebanyak +59 orang sehingga sejauh ini jumlah korban tewas sudah mencapai 5,824 orang, menuju 6,000 orang tewas dalam waktu dekat ini (Fatality Rate sebesar 4.52%)*. (Worldometers Info)

 

IHSG kami perkirakan bergerak pada 5,141 - 5,226 adapun saham-saham yang kami rekomendasikan hari ini adalah BBNI ERAA BBRI ASII INDF AKRA WIKA BRPT CTRA GGRM

 

Mayoritas bursa saham di developed economies bergerak bervariasi. Bursa saham benua kuning bergerak bervariasi pada perdagangan selasa kemarin. Indeks Hang Seng ditutup menguat sebesar +2.11%, lalu indeks Shanghai ditutup melemah -1.15% dan Indeks Kospi ditutup menguat -1.35%. Sementara itu, Dow Jones ditutup melemah sebesar -0.38% di level 27,686 hal ini sejalan dengan pelemahan S&P 500 sebesar -0.80%. Wall Street ditutup melemah dikarenakan aksi profit taking serta dari terpangkasnya nilai kapitalisasi pasar saham-saham teknologi seperti saham Facebook dan Amazon yang turun lebih dari 2%, serta dari keraguan tentang apakah Rusia telah mengembangkan vaksin yang aman dengan jangka waktu yang cepat. Dari pasar komoditi, harga CPO melemah sebesar -1.67% harga Emasmelemah -5.13% dan harga Coal melemah -1.19%.

 

Pada perdagangan 11 Agustus IHSG ditutup menguat sebesar +0.63 kelevel 5,190 Sentimen   penggerak pasar hari ini diantaranya bursa saham AS yang melemah membawa sentimen negatif untuk perdagangan hari ini, selain itu perlu dicermati perkembangan vaksin Covid-19 yang masih dalam fase uji coba, sementara dari Rusia mengumumkan bakal menjadi negara pertama yang menemukan vaksin Covid-19.

 

Back Download PDF
Copyright © 2020 MNC Sekuritas. All Right Reserved.