Beranda

RESEARCH

Monthly Highlight

17 Desember 2020

Early Bird 17 Desember 2020

Sehari Menjelang Pemberlakuan PSBB Ketat atau Terukur, Apapun Namanya, Mulai Memakan Korban. Kombinasi turunnya DJIA sebesar -0.25% dan jatuhnya beberapa harga komoditas seperti: Coal -0.36% & Nikel -1.49% berpotensi menahan penguatan IHSG dalam perdagangan hari ini.

Lebih lanjut, ditengah gegap-gempitanya penguatan cukup tajam IHSG, sehari menjelang diberlakukannya PSBB terukur ataupun PSBB ketat mulai memakan korban, salah satunya adalah Bali dimana sudah ratusan ribu tiket dibatalkan senilai ratusan miliar rupiah (berdampak kepada emiten penerbangan), yang tentunya diikuti pembatalan ribuan pemesanan kamar hotel (berdampak pada emiten properti) dan berdampak pada perekonomian Bali secara keseluruhan. Itu baru Bali, bagaimana nasibnya daerah tujuan wisata lokal lainnya? Belum lagi dihitung berapa dampak ke perekonomian akibat akan diberlakukannya pemeriksaan Rapid Antigen terhadap orang yang ingin masuk ke DKI Jakarta atau orang Jakarta yang ingin kembali masuk setelah liburan. Belum lagi dampak atas pelarangan  penyelenggaraan keramaian menjelang akhir tahun karena biasanya diwaktu-waktu itulah terjadi panen pendapatan bagi pengusaha airline, travel agen, bus wisata, perhotelan,  restauran dan tempat wisata lokal lainya.

 

IHSG kami perkirakan bergerak pada 6,071 - 6,163 adapun saham-saham yang kami rekomendasikan hari ini adalah TLKM PURA PGAS ANTM ASII TINS SMGR MDKA CPIN INCO

 

Mayoritas bursa saham di developed economies bergerak bervariasi. Bursa saham benua kuning bergerak menguat pada perdagangan rabu kemarin. Indeks Hang Seng ditutup menguat sebesar +0.97%,lalu Indeks Shanghai ditutup melemah -0.01%  dan Indeks Kospi ditutup menguat +0.54%. Sementara itu, Dow Jones ditutup melemah sebesar -0.15% di level 30,154 hal ini berbeda dengan penguatan S&P 500 sebesar +0.18%. Wall Street ditutup bervariasi dikarenakan harapan dari stimulus fiscal AS dan menanti dari rilis kebijakan moneter The Fed. Dari pasar komoditi, harga Emasmenguat +0.60% harga Coal melemah -0.31% dan harga Minyak Mentah WTI menguat +1.80%.

 

Pada perdagangan 16 Desember IHSG ditutup menguat sebesar +1.80% kelevel 6,118 Sentimen penggerak pasar hari ini diantaranya bursa AS yang ditutup bervariasi membawa kabar negatif untuk perdagangan hari ini, selain itu dari kebijakan The Fed untuk mempertahankan atau memangkas suku bunga nya masih di nantikan investor, dari dalam negeri akan rilis suku bunga acuan Bank Indonesia yang akan rilis hari ini.

 

Back Download PDF
Copyright © 2021 MNC Sekuritas. All Right Reserved.