Beranda

RESEARCH

Company Update

19 Mei 2020

Early Bird 19 Mei 2020

Setelah perusahaan bioteknologi Moderna Inc. mengatakan tes awal bakal vaksin virus corona membuahkan hasil yang menjanjikan dari sejumlah kecil sampel mendorong penguatan DJIA sebesar +3.85% dan dikombinasikan dengan penguatan EIDO sebesar +3.77% berpotensi menjadi katalis pendorong IHSG untuk menguat dalam perdagangan Selasa ini ditengah terus meningkatnya jumlah korban yang terjangkiti dan tewas, bahkan makin meningkat karena semakin ignorance-nya masyarakat Indonesia akan Corvid19, akibat Virus Corona di Indonesia semakin bertambah banyak dimana Virus Corona sudah menjangkiti 18,010 orang (menuju 20,000 orang) dengan jumlah korban tewas 1,191 orang, menuju 1,300 orang tewas, (Fatality Rate sebesar 6.61%). (Worldometers Info).

 

Lebih lanjut, menguatnya harga komoditas seperti: Oil +11.25%, Coal +0.19%, CPO +3.02%, Nikel +3.68% & Timah +0.18% berpotensi mendorong penguatan saham berbasis komoditas tersebut dalam perdagangan Selasa ini. Mengetahui IHSG berpotensi rebound alias menguat, ditengah investor asing yang terus membukukan Net Sell dimana YTD (as of May 18, 2020) mencapai sebesar Rp -25,62 triliun serta secara valuasi masih cukup banyak saham sangat menarik untuk dibeli, kami merekomendasikan sangat selektif jika investor ingin melakukan BUY atau Swing Trade maka dapat fokus atas saham dari sektor Coal, Otomotif, Logam Emas, Infrastruktur, Telko, Oil, CPO dan Retail dalam perdagangan Selasa ini. IHSG kami perkirakan bergerak pada 4,492 - 4,572 adapun saham-saham yang kami rekomendasikan hari ini adalah ADRO ASII MDKA PGAS TLKM PTBA TOWR MEDC AALI ERAA.

 

Mayoritas bursa saham di developed economies bergerak menguat. Bursa saham benua kuning bergerak bervariasi pada perdagangan senin kemarin. Indeks Hang Seng ditutup menguat sebesar +0.58% lalu indeks Shanghai dan Indeks Kospi masing-masing ditutup menguat +0.24% dan +0.51%. Sementara itu, Dow Jones ditutup menguat sebesar +3.85% di level 24,597 hal ini sejalan dengan penguatan S&P 500 sebesar +3.15%. Wall Street ditutup menguat dikarenakan perusahaan bioteknologi Moderna AS melaporkan hasil vaksin virus Corona berhasil pada fase satu postifif, selain itu rencan pelonggaran lockdown juga membawa optimisme pelaku pasar. Di samping itu dari pasar komoditi, harga Nickel menguat +3.33% harga CPOmenguat +3.36% dan harga Minyak Crude Oil WTI menguat +8.12%.

 

Pada perdagangan 18 Mei, IHSG ditutup menguat sebesar +0.08% kelevel 4,511 Sentimen penggerak pasar hari ini diantaranya bursa saham AS yang menguat signifikan +3% membawa katalis positif bagi pasar keuangan hari ini, dari dalam negeri akan dirilis suku bunga acuan pada hari ini yang diperkirakan BI akan menurunkan suku bunga nya, selain itu OJK memperkenalkan mekanisme bantuan likuiditas bank anchor (bank jangkar), sentimen selanjutnya yaitu perkembangan hubungan AS-China yang masih memanas membawa kecemasan pelaku pasar.

 

Back Download PDF
Copyright © 2020 MNC Sekuritas. All Right Reserved.