Beranda

 

Apa Itu Right Issue Saham

 

Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh perusahaan yang sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia untuk menghimpun dana adalah dengan menerbitkan right. Meskipun istilah ini tidak asing di telinga, tidak banyak investor pasar modal yang memahami apa itu right issue. Right issue sering dikenal dengan sebutan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD). Right issue merupakan penawaran umum terbatas untuk saham. Right issue dilakukan perusahaan untuk mendukung rencana aksi korporasi tertentu atau menambah modal kerja.

Ketika suatu perusahaan sudah menerbitkan saham perdana (Initial Public Offering), maka perusahaan tentu sudah memiliki banyak pemegang saham. Setelah itu, jika diperlukan, perusahaan dapat menerbitkan saham baru. Namun, sebelum ditawarkan pada investor baru, saham tersebut akan ditawarkan pada investor lama dan disebut dengan right issue. Meskipun investor lama atau pemegang saham Perseroan diberikan hak untuk terlebih dahulu memesan saham baru atau right tersebut, investor lama mempunyai pilihan untuk mengambilnya atau tidak mengambilnya.

Setelah penawaran ke investor lama selesai, maka Perseroan dapat menawarkan right ke investor baru atau standby buyer. Right issue biasanya diberikan sesuai rasio, contohnya pada rasio 1:2 artinya setiap pemegang satu lembar saham lama akan diberikan hak terlebih dahulu untuk membeli 2 lembar saham baru. Investor baru dapat membeli saham dalam patokan harga right yang dapat lebih rendah, sama atau lebih tinggi dibandingkan harga pasar saat ini. Di aplikasi MotionTrade, right dapat diperjualbelikan melalui menu Buy atau Sell seperti membeli atau menjual saham. Pada waktu yang ditentukan, investor harus menebus right yang dimiliki supaya menjadi saham. Menebus right bisa dilakukan secara online juga melalui Menu Exercise Right di MotionTrade.

Back
 

Copyright © 2022 MNC Sekuritas. All Right Reserved. A Member of MNC Group