Beranda

 
 
 

Stock Screening, Cara Praktis Memilih Saham

 

Tidak dapat dipungkiri bahwa investasi saham dapat memberikan keuntungan di masa depan. Saham mampu memberikan capital gain dan dividen yang membuat instrumen ini menjadi salah satu instrumen investasi yang patut Anda pertimbangkan. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli suatu saham tertentu, ada baiknya Anda melakukan riset mengenai saham incaran Anda. Proses riset mengenai saham ini akan terasa lebih mudah setelah Anda mengenal metode stock screening.

Metode Stock Screening, Solusi untuk Memahami Pergerakan Saham

Para investor pemula seringkali mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi dan memilih jenis saham tertentu yang terbaik untuk dibeli. Untuk itu, keberadaan stock screener sangat dibutuhkan sebagai alat yang dapat digunakan bagi investor dan trader untuk menentukan keputusan investasi. Penentuan keputusan investasi sendiri tentu akan sangat dipengaruhi oleh gaya berinvestasi para investor, seperti melihat value, good yield (dividen), pertumbuhan serta pergerakan harga saham.

Cara kerja metode stock screening adalah dengan menyaring saham berdasarkan berbagai kriteria dan indikator. Anda dapat melihat peringkat saham berdasarkan jumlah kapitalisasi pasar terbesar, keuntungan, rugi, frekuensi, value serta volume perdagangan terbesar.

Tak hanya itu, beberapa indikator teknikal, seperti Bollinger Band, Stochastic, RSI, dan sebagainya juga menunjukkan arah dan tren harga saham, apakah sedang bullish (tren naik), bearish (tren turun), atau sideways (cenderung stagnan). Dengan mengidentifikasi pola dan arah pergerakan saham, Anda dapat mengurangi risiko salah mengambil keputusan investasi sehingga harus menanggung kerugian dalam jumlah besar.

MNC StockRadars, Aplikasi Stock Screening Pertama Milik Sekuritas Indonesia

Tidak semua trader jago dalam melakukan analisa pasar dan saham secara teknikal. Apalagi, ilmu analisa bukan sembarang ilmu yang dapat dimengerti orang awam. Itulah sebabnya tersedia aplikasi stock-screening yang memudahkan trader dalam memperoleh informasi saham-saham apa saja yang masuk dalam radar sesuai indikator yang diinginkan. Dengan MNC StockRadars, aplikasi stock-screening yang dikembangkan oleh MNC Sekuritas, trader dapat dengan mudah mencari saham yang masuk dalam radar secara real-time.

Misalnya, saat ingin membeli saham yang sedang uptrend, ia tinggal memilih indikator mana yang diinginkan untuk menganalisa dalam Menu StockRadars. Contohnya, jika memilih indikator Candle Pattern, ia dapat melihat saham-saham apa saja yang masuk dalam pola bullish, seperti hammer, inverted hammer, morning star, three white soldiers, dan lainnya.

MNC Sekuritas sebagai perusahaan sekuritas pertama di Indonesia yang menyediakan aplikasi stock screening juga memastikan Anda tidak kehilangan momentum dalam jual beli saham dengan kemudahan bertransaksi di aplikasi MNC StockRadars. Sistem yang terintegrasi dengan platform online trading MNC Trade New membuat aktivitas trading menjadi lebih praktis karena tidak perlu berganti aplikasi. Kemampuan integrated login membuat Anda dapat langsung terhubung dengan akun Anda.

Aplikasi MNC StockRadars tersedia di platform iOS dan Android dan dapat diunduh secara gratis. Di Menu Market Mover, Anda dapat melihat saham-saham yang masuk dalam kriteria most active value, most active volume, top gainer, top loser, serta most swing.

Adanya aplikasi ini tentu dapat membantu Anda dalam menentukan keputusan investasi terbaik tanpa harus menganalisa saham sampai dahi berkerut, bukan? Sudah download aplikasinya?

 

Copyright © 2020 MNC Sekuritas. All Right Reserved.