Beranda

 

Belajar Saham Gratis, Mau? Yuk Daftar Kelas Online di MNC Sekuritas!

 

JAKARTA – Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China. Berapa pun usia kita saat ini seharusnya tidak menjadi alasan untuk berhenti belajar. Meskipun investasi saham terlihat mudah, tetapi investasi utama dan pertama yang sebaiknya dipilih investor adalah investasi isi kepala. Mengetahui cara dan apa yang diinvestasikan adalah langkah awal yang wajib dilakukan oleh investor.

Kesalahan yang sering dilakukan investor pemula adalah berinvestasi tanpa memahami apa yang diinvestasikan. investor pemula yang tidak belajar ilmu dasar saham tapi berharap mendapatkan keuntungan, ibarat kapal di tengah lautan yang dipimpin kapten yang tidak mengerti cara menghadapi badai. Saat lautan tenang, kapal dan penumpang di dalamnya bisa saja selamat, tapi saat badai mulai menyerang, kapal bisa saja hanyut. Modal yang sudah disiapkan investor perlu dikelola dengan baik dengan pengetahuan yang mumpuni, bukan sekadar ikut-ikutan.

Ada juga investor yang berupaya mencari informasi tentang analisa saham dari berbagai sumber. Mulai dari bertanya kepada "Mbah Google" sampai ikut bergabung di berbagai grup komunitas saham. Masalahnya, analisa dari satu orang bisa saja berbeda dengan orang lain. Akibatnya, investor pemula bisa saja malah tambah bingung karena memperoleh analisa saham dari berbagai sumber, yang kadang belum tentu dapat dibuktikan kredibilitasnya.

Hati-hati dengan pom-pom saham! Pernah dengar istilah ini? Bandar saham bisa saja menyelinap ke grup-grup saham dan memberikan rekomendasi saham untuk dibeli atau dijual. Biasanya investor pemula yang tergoda mendapatkan keuntungan cepat dan sekadar ikut-ikutan analisa orang, mudah terjebak dengan pom-pom saham. Investor diajak beli saham, padahal bandar sudah membeli di harga bawah. Saat bandar melepas saham rekomendasinya, justru investor ritel yang menjadi korban karena nyangkut di harga tinggi.

Itulah pentingnya analisa saham sendiri, dengan membuat trading plan versi kamu, yang sudah disesuaikan dengan profil risiko kamu. Percaya atau tidak, jika kamu fokus pada trading plan yang kamu buat secara objektif, kamu tidak akan mudah masuk ke jebakan pom-pom. Untuk dapat menganalisa suatu saham secara fundamental maupun teknikal, kamu bisa belajar dari YouTube Channel MNC Sekuritas atau kelas online secara gratis yang ada di: bit.ly/EdukasiMNCS

 

Copyright © 2021 MNC Sekuritas. All Right Reserved.