Beranda

 
 
 

Cari Tahu Cara Berinvestasi Saham di Waktu yang Tepat!

 

Warren Buffet, seorang investor andal dunia pernah berkata, “Seseorang menikmati teduhnya pohon hari ini karena orang lain telah menanamnya bertahun-tahun yang lalu.” Pohon yang tumbuh subur tentunya berawal dari benih kecil yang ditanam dan tumbuh besar hingga berbuah. Investasi saham dapat diibaratkan seperti menanam pohon. Lantas kapan waktu yang tepat untuk berinvestasi? Jawabannya adalah kemarin.

Dengan kata lain, investasi harus dimulai sedini mungkin agar dapat memupuk hasil yang optimal di masa depan. Tidak ada sesuatu berharga yang diraih dalam sekejap mata. Anda membutuhkan kesabaran dan konsistensi untuk memahami betul investasi saham.

Membeli Saham Tiap Kuartal
Jika Anda ingin berbelanja saham secara rutin, Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli saham tiap kuartal (3 bulan sekali) atau sebanyak 4 kali dalam setahun. Pada waktu-waktu tertentu, Anda dapat mulai membeli saham yang terlihat murah dengan fundamental yang mendukung. Periode terbaik untuk membeli saham adalah pada bulan Mei, Agustus, November dan Februari. Pada bulan-bulan tersebut, perusahaan sudah merilis laporan keuangan, sehingga dapat menjadi pertimbangan Anda membeli saham.

Ketika Perusahaan Incaran Berada Dalam Kondisi Baik
Ketika Anda memutuskan untuk membeli saham suatu perusahaan, pastikan Anda telah mengidentifikasi analisis fundamental sederhana. Analisis ini dapat Anda peroleh dengan cara membaca berita-berita mengenai kondisi perusahaan incaran Anda. Anda dapat menilai apakah perusahaan incaran Anda tengah berkembang dengan sehat atau tidak. Cari tahu juga apakah perusahaan tersebut sedang untung atau justru merugi. Selain itu, pelajari rencana bisnis perusahaan, misalnya ekspansi, akuisisi perusahaan baru, atau justru ada penyusutan bisnis. Jangan lupa untuk melihat kinerja perusahaan sebelum memutuskan membeli saham suatu perusahaan.

Ketika Perusahaan Incaran Memiliki Prospek yang Cerah
Selain analisis fundamental, Anda juga dapat melakukan analisis teknikal sederhana untuk saham-saham pilihan Anda. Tujuan dari analisis teknikal adalah agar Anda mengetahui bahwa saham yang Anda beli memiliki harga jual dan harga beli yang baik. Amati pergerakan harga saham melalui grafik harga saham. Grafik ini dapat menjadi pertimbangan dalam membuat keputusan beli ketika harga saham perusahaan yang Anda inginkan tengah dalam kondisi murah. Pastikan saham incaran Anda juga memiliki prospek yang bagus ke depannya, sehingga Anda memang membeli pada waktu yang tepat.

Pembelian saham tiap kuartal membangun kebiasaan yang baik dalam investasi yang konsisten dan teratur. Jika Anda termasuk investor pemula, kebiasaan menabung saham secara rutin akan membantu Anda untuk memperoleh harga rata-rata saham yang baik. Jadi, sudah siapkah Anda untuk mulai berinvestasi saham sekarang?

 

Copyright © 2020 MNC Sekuritas. All Right Reserved.