FAQ MNC GEMESIN

  1. Apakah itu MNC Gemesin Plus?

MNC Gemesin Plus adalah produk MNC Sekuritas yang mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berinvestasi di pasar modal melalui share saving, dengan menyisihkan dana minimal Rp100.000,- (atau kelipatannya) per bulan dengan pilihan perlindungan asuransi kecelakaan diri untuk 1 tahun (besarnya nilai pertanggungan dapat dipilih sesuai kebutuhan).

  1. Selama ini sejak kecil kita diajarkan untuk rajin menabung secara konvensional. Apa bedanya menabung secara konvensional dengan menabung saham?
  • Dari aspek imbal hasil (return), menabung secara konvensional memberikan bunga mulai dari 0 hingga 2% per tahun. Sementara itu, menabung di saham memberikan imbal hasil berupa margin keuntungan dari selisih harga jual dengan harga beli saham. Imbal hasil tabungan saham bersifat tidak terbatas, tergantung pertumbuhan saham yang ditabung.
  • Dari aspek jangka waktu, biasanya menabung secara konvensional untuk periode yang singkat karena tabungan sifatnya transaksional, mudah untuk dana masuk dan dana keluar. Di lain sisi, menabung saham diarahkan untuk jangka menengah dan panjang, minimal 1 tahun untuk dapat memberikan hasil investasi yang maksimal.
  • Dari definisi investasi, menabung secara konvensional sebenarnya tidak dapat sepenuhnya dikategorikan sebagai investasi karena imbal hasil dari bunga tabungan tidak dapat mengimbangi tingkat inflasi atau kenaikan harga barang/jasa. Sementara itu, menabung saham dapat dikategorikan sebagai investasi karena imbal hasil dari keuntungan menjual saham dapat melampaui kenaikan harga barang/ jasa setiap tahunnya.
  1. Banyak orang yang ragu untuk masuk ke saham karena dari sekian banyak yang berinvestasi pasti ada saja yang rugi. Bagaimana menyikapinya?

Setiap investasi pasti memiliki resiko. Ada yang mengalami untung, ada juga yang rugi. Resiko tersebut sejalan dengan tingkat imbal hasil yang dapat diperoleh. Seperti halnya pedagang yang berjualan. Ada yang pada akhirnya sukses, bisa membeli rumah, mobil, menyekolahkan anak-anaknya hingga perguruan tinggi. Ada juga yang merugi dan terpaksa menutup bisnisnya. Apakah kita salahkan bisnis tersebut? Bahwa tidak semua orang yang berbisnis bangkrut dan rugi. Semuanya kembali lagi pada investor/ pelaku bisnis dalam mengelola portfolio/ bisnisnya.

  1. Masyarakat umum berpendapat bahwa saham hanya untuk orang yang berduit dan orang yang “jago” berinvestasi. Apakah benar demikian?

Itu mitos, bukan fakta. Sekarang dengan modal minimal Rp 100 ribu saja untuk deposit awal pembukaan Rekening Dana Nasabah (RDN), sudah dapat menjadi investor saham.
Tidak perlu “jago” dan menguasai teknik tertentu, mereka bisa menabung saham, dengan daftar saham pilihan yang sudah direkomendasikan oleh analis yang berkompeten di bidangnya.

  1. Ternyata menabung saham tidak sesulit yang kita pikirkan. Jadi siapa saja yang bisa dan boleh menabung saham di MNC Gemesin Plus?

Siapapun bisa mulai berinvestasi dengan tabungan saham. Seluruh lapisan masyarakat Indonesia, dari berbagai kalangan dapat dengan mudah menabung saham di MNC Gemesin Plus, mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, karyawan, maupun profesi lainnya.

  1. Saya tertarik dengan menabung saham. Apa yang membedakan menabung saham di MNC Gemesin Plus dengan di tempat lain?

Menabung saham sebaiknya dilakukan secara rutin dan disiplin.
Tujuannya adalah sehingga hasilnya maksimal setelah periode menabung saham selesai.
Untuk membantu tercapainya tujuan tersebut, MNC Sekuritas memiliki sistem yang smart dan fleksibel, dengan berbagai kelebihan di antaranya:

  • Disiplin berinvestasi
  • Bebas memilih manfaat perlindungan asuransi sesuai kebutuhan
  • Sistem yang smart dan fleksibel
  • Bebas minimum fee & market info fee
  • Bebas menentukan jumlah dana (kelipatan Rp100.000,-)
  • Bebas menentukan tanggal efektif menabung saham
  • Bebas menentukan pilihan saham
  • Bebas tarik dana
  • Portofolio tidak di-hold
  • Dapat diwariskan

Di MNC Gemesin Plus, nasabah juga akan memiliki 2 Rekening Dana Nasabah (RDN) berbeda dengan RDN account regular sehingga dana untuk menabung saham tidak tercampur dengan dana untuk trading/ jual-beli saham. Tujuannya adalah agar nasabah dapat lebih fokus dalam menabung, dan tidak bingung dana mana yang dapat digunakan untuk trading jangka pendek atau untuk menabung jangka menengah dan panjang.

  1. Berapa lama periode menabung di MNC Gemesin Plus?

Periode menabung di MNC Gemesin Plus minimal sebanyak 12 kali. Sistem akan melakukan 12 kali pembelian, artinya menabung paling cepat selesai dalam 1 tahun.

Contohnya, nasabah memillih tanggal menabung Rp 100.000,- setiap tanggal 5. Pada tanggal 5 Januari, sistem MNC Gemesin Plus akan mengecek ketersediaan dana di Rekening Dana Nasabah (RDN). Jika dana mencukupi, maka pembelian saham akan dilakukan pada tanggal 5 Januari.

Menjelang tanggal 5 bulan berikutnya, nasabah menerima email reminder untuk memastikan adanya cukup dana di RDN, tetapi karena satu dan lain hal, nasabah masih belum top-up dana di RDN hingga tanggal 10 Februari. Maka, sistem baru dapat membelikan saham pada bulan Februari di tanggal 10.

Tanggal 10 tersebut akan menjadi tanggal pendebetan pada bulan berikutnya, sehingga periode menabung 12x belum tentu selesai dalam waktu 1 tahun. Jika nasabah terlambat melakukan top-up di RDN, sistem akan melakukan pembelian saham pada saat dana sudah mencukupi. Tanggal terakhir pembelian saham akan menjadi tanggal pembelian di bulan berikutnya, dengan pertimbangan nasabah perlu periode tertentu setidaknya 1 bulan untuk kembali mengumpulkan dana yang dipergunakan untuk menabung.

  1. Bagaimana jika di tengah-tengah periode kontrak, saya ingin menabung lebih banyak. Apakah memungkinkan untuk mengubah nominal tabungan saham?

Nasabah dapat mengubah nominal dana yang ingin ditabung setiap bulan dengan kelipatan Rp 100.000,-, misalnya Rp 200 ribu, Rp 300 ribu, dan seterusnya.

Misalnya dari nominal Rp 100.000,- per bulan ingin diubah menjadi Rp 200.000,- per bulan, nasabah kembali mengisi Formulir Aplikasi MNC Gemesin Plus dengan mencentang kolom “Perubahan” dan mengisi nominal dana yang ingin ditabung sebesar Rp 200.000,-

Pemberitahuan perubahan ini minimal 7 hari kalender sebelum tanggal efektif berikutnya dan harus diterima MNC Sekuritas sebelum pukul 11.00 WIB.

  1. Mengenai pembelian saham dan komposisinya disesuaikan dengan jumlah nominal tabungan yang saya pilih setiap bulannya. Misalnya saya memilih tabungan Rp 100.000,- per bulan. Tiba-tiba saham yang dipilih sebelumnya seharga Rp 1.000 per lembar naik menjadi Rp 1.100 per lembar. Artinya pada bulan berikutnya, tidak cukup untuk melakukan pembelian 1 lot sahamnya. Apa yang harus dilakukan nasabah?

Nasabah tidak perlu mengajukan Formulir perubahan atas kontrak. Hanya perlu melakukan top-up dana sejumlah Rp 100.000,- atau kelipatannya sehingga mencukupi untuk pembelian saham pada bulan tersebut.

  1. Kalau saya tertarik menabung saham di MNC Gemesin Plus, bagaimana caranya?
  • Mengisi dan melengkapi Formulir Aplikasi MNC Gemesin Plus dan Formulir Rekening Dana Nasabah (RDN) untuk MNC Gemesin Plus. Khusus nasabah baru, juga wajib melengkapi Formulir Pembukaan Rekening Efek (Reguler).
  • Melampirkan dokumen pribadi berupa fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Tanda Mahasiwa (KTM) - khusus mahasiswa, NPWP (jika ada), dan cover buku tabungan pribadi.
  • Jika nasabah belum berusia 17 tahun atau belum memiliki KTP, dapat membuka tabungan saham atas nama orang tua, dengan menyertakan fotocopy KTP orang tua, Kartu Keluarga (KK), dan Surat Kuasa dari orangtua kepada anak.
  • Tentukan nominal dana yang ingin ditabung setiap bulan (Rp 100.000,- atau kelipatannya), saham yang ingin ditabung setiap bulan, tanggal efektif mulai menabung saham, periode menabung saham (minimal 12 kali pembelian saham), nilai pertanggungan default sebesar Rp 10 juta (premi Rp10.000) yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Tentukan nama ahli waris sesuai Kartu Keluarga.
  • Nasabah akan menerima konfirmasi pembukaan rekening efek, user ID MNC Trade New, dan sertifikat asuransi melalui email.
  • Setorkan dana deposit awal ke Rekening Dana Nasabah (RDN) sebesar minimal Rp 100.000,-
  • Pastikan dana yang ingin ditabung sudah ada minimal H-1 sebelum tanggal efektif tiap bulannya.
  1. Untuk nasabah yang sudah menjadi nasabah MNC Sekuritas (Account Reguler), apakah perlu kembali membuka rekening khusus Gemesin Plus?

Untuk nasabah existing, wajib melengkapi Formulir Aplikasi MNC Gemesin Plus dan Formulir Rekening Dana Nasabah baru karena rekening MNC Gemesin Plus dan RDN untuk MNC Gemesin Plus dibuat terpisah dengan rekening regular untuk trading.

  1. Jika saya sudah menyelesaikan periode menabung saham sebanyak 12 kali, apakah perlu mengisi Formulir Perpanjangan Kontrak?

Tidak perlu, akan diperpanjang otomatis jika sudah jatuh tempo dan tidak ada pemberitahuan dari nasabah.

  1. Jika saya seorang trader aktif, bisakah saya melakukan investasi melalui menabung saham? Karena biasanya saya menggunakan fitur stop-loss order untuk melindungi portofolio saya.

Semua orang dapat berinvestasi dengan menabung saham di MNC Gemesin Plus, baik seorang trader maupun investor, ataupun seorang investor dengan profil risiko yang agresif, moderat maupun konservatif.

Dengan menabung saham di MNC Gemesin Plus, nasabah diberikan kebebasan untuk mengeksekusi atau menjual saham yang sudah ditabung atau dibelikan oleh sistem MNC Gemesin Plus. Nasabah dapat mengakses portofolio saham yang dimiliki melalui aplikasi MNC Trade, kapan saja dan dimana saja. Dengan demikian, jika Anda seorang trader, potensi gain yang sudah terbentuk dapat dimanfaatkan dengan melakukan eksekusi jual atas saham yang dimiliki.

 
 
 
 
 
 

Untuk download Dokumen Aplikasi MNC GEMESIN, klik: Download Area