Beranda

 

Menabung vs Investasi: Mana yang Lebih Baik?

 

Investasi saham syariah sudah lama ada di pasar modal Indonesia, tetapi belum banyak yang tahu bahwa alternatif investasi ini bisa menjadi pilihan untuk umat Muslim. Saham syariah sendiri merupakan efek dalam bentuk saham yang keberadaannya tidak bertentangan dengan prinsip syariah di pasar modal.

Sebagai anggota dari Bursa Efek Indonesia sekaligus unit bisnis PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP), MNC Sekuritas memfasilitasi transaksi saham syariah melalui aplikasi MNC Trade Syariah, yang tersedia di versi Desktop maupun Mobile. MNC Trade Syariah merupakan solusi yang tepat untuk berinvestasi saham secara halal menurut prinsip syariah. Saham syariah memiliki kriteria yang berbeda dengan saham konvensional sekali pun memiliki mekanisme yang sama. Perusahaan yang terdaftar dalam daftar saham syariah tidak boleh bergerak di bidang usaha yang tidak sesuai dengan syariat Islam.

Investor dapat mengecek saham syariah melalui Daftar Efek Syariah yang sudah ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan dan diterbitkan oleh Pihak Penerbit Daftar Efek Syariah. Beberapa indeks saham syariah yang ditetapkan oleh Bursa Efek Indonesia sebagai acuan daftar saham syariah, yaitu Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI), Jakarta Islamic Index (JII) dan Jakarta Islamic Index 70 (JII70).

  1. Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI)

    Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) merupakan seluruh saham syariah yang tercatat di Bursa Efek Indonesia serta masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES) yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan. Konstituen ISSI diseleksi sebanyak dua kali dalam setahun, yaitu setiap bulan Mei dan November.

  2. Jakarta Islamic Index (JIII)
    Konstituen JII terdiri dari 30 saham syariah paling likuid yang sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia. Beberapa kriteria saham yang masuk dalam JIII adalah saham yang 60 saham yang sudah dipilih berdasarkan urutan rata-rata kapitalisasi pasar tertinggi selama 1 tahun terakhir dan rata-rata nilai transaksi harian di pasar regular tertinggi.
  3. Jakarta Islamic Index 70 (JII70)
    Konstituen JII70 terdiri dari 70 saham syariah paling likuid yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Kriteria saham yang termasuk dalam JII70 adalah 150 saham berdasarkan urutan rata-rata kapitalisasi pasar tertinggi selama 1 tahun terakhir dan 70 saham berdasarkan rata-rata nilai transaksi harian di pasar regular tertinggi.
Back
 

Copyright © 2022 MNC Sekuritas. All Right Reserved. A Member of MNC Group