IPO PT Ginting Jaya Energi Tbk

PT Ginting Jaya Energi Tbk. ("Perseroan") didirikan pada tanggal 7 Maret 2011 berkedudukan di Palembang, Sumatera Selatan. Perseroan menjalankan kegiatan usaha di bidang minyak dan gas bumi (migas) dengan spesialisasi layanan jasa dan pengadaan rig di Indonesia. Berbekal pengalaman pendiri yang lebih dari 30 tahun di dunia migas, Perseroan menjadi mitra setia Pertamina EP dalam pengoperasian sumur pemboran, yakni kerja ulang sumur (workover) dan perawatan sumur (well services) atau disingkat dengan WOWS. Jasa ini dilakukan dengan rig berspesifikasi tinggi yang jumlahnya terus bertambah seiring ekspansi bisnis Perseroan. Saat ini, Perseroan sudah mengoperasikan 9 (Sembilan) Rig yang disewakan seluruhnya pada Pertamina EP.

Perseroan menawarkan sebanyak-banyaknya 750.000.000 (tujuh ratus lima puluh juta) lembar saham baru, atau setara dengan 30,29% (tiga puluh koma dua sembilan persen) dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah penawaran umum perdana atau initial public offering. Kisaran harga penawaran umum adalah Rp375-Rp450/saham, dengan target perolehan dana berkisar antara Rp281,25–Rp337,5 miliar. Penawaran umum ini merupakan langkah strategis Perseroan dalam rangka memperkuat struktur permodalan. Dana hasil penawaran umum akan digunakan untuk pembelian rig WOWS, pembelian yard, pelunasan sebagian utang leasing yang berbunga tinggi dan modal kerja.

Perseroan optimis bahwa prospek usaha di tahun 2019 akan lebih baik dibandingkan tahun lalu bagi industri minyak dan gas bumi (migas). Pertumbuhan dari kondisi ekonomi global maupun nasional menyebabkan permintaan minyak meningkat. Permintaan minyak yang meningkat akan disikapi oleh Pertamina dengan mempertahankan tingkat produksi minyak lokal, yang sejak tahun 2004 sudah mengalami defisit produksi. WOWS adalah alternatif terbaik untuk mempertahankan produksi minyak karena saat ini belum ditemukan cadangan minyak baru dengan jumlah yang cukup besar.