Beranda

 

Kenalan dengan Istilah Saham Ini: Buyback Saham

 

Jika Anda investor saham, salah satu istilah yang sebaiknya Anda ketahui adalah buyback saham. Buyback saham adalah aksi korporasi yang dilakukan perusahaan berupa pembelian kembali saham yang telah beredar di publik. Buyback saham diperlukan agar jumlah kepemilikan saham publik dalam perusahaan tersebut akan semakin berkurang sehingga likuiditasnya dapat tetap terjaga. Buyback saham dapat dilakukan oleh perusahaan dengan cara membeli perusahaannya sendiri dari publik.

Ada beberapa tujuan buyback saham, antara lain untuk mengembangkan rasio keuangan, mempersiapkan cadangan modal serta antisipasi penurunan harga saham. Penting untuk investor pasar modal untuk mengetahui maksud istilah ini dan juga tujuan diperlukannya penerapan buyback saham. Mengembangkan Rasio Keuangan Perusahaan seringkali menjadikan peningkatan rasio keuangan sebagai alasan untuk perusahaan melakukan buyback saham. Hal ini juga berkaitan dengan penurunan jumlah saham yang beredar dari banyaknya buyback. Makin sedikit saham di pasaran, maka rasio earning per share (EPR) juga akan semakin meningkat. Mempersiapkan Cadangan Modal Tujuan buyback saham lainnya adalah untuk mempersiapkan cadangan modal.

Hasil buyback saham dapat dijual kembali ketika harga sedang mengalami tren kenaikan. Hasil buyback dapat dijadikan sebagai saham treasury yang kemudian dapat disimpan dan dijual kembali saat tren harga saham sedang naik. Antisipasi Penurunan Harga Aksi buyback saham juga dapat dilakukan oleh perusahaan saat harga saham perusahaan tersebut sedang turun. Aksi ini dilakukan untuk menjaga psikologis investor. Jika saham sedang turun lalu ada pihak yang membeli saham tertentu dalam jumlah besar maka investor jadi semakin tertarik untuk mengkoleksi saham yang bersangkutan.

Back
 

Copyright © 2022 MNC Sekuritas. All Right Reserved. A Member of MNC Group