Beranda

 

Mana Dulu, Dana Darurat atau Investasi

 

Dalam pengelolaan keuangan, tentu terdapat banyak hal yang harus Anda perhatikan selain pengeluaran rutin dan tabungan, yaitu persiapan dana darurat dan investasi. Dana darurat dan investasi sendiri merupakan pos yang penting untuk menjadi sumber dana dalam mengatasi hal terduga di masa depan, meskipun seringkali terlupakan.

Banyak orang seringkali merasa kebingungan dalam menyusun prioritas antara dana darurat maupun investasi. Sebaiknya calon nasabah mempertimbangkan terlebih dahulu fungsinya masing-masing.

Pada dasarnya, keduanya sama penting. Namun, nasabah sebaiknya memikirkan fungsinya masing-masing. Dana darurat dialokasikan untuk mengatasi kondisi darurat yang mungkin saja terjadi di masa depan dan sebaiknya disimpan dalam bentuk yang bisa segera dipakai. Sedangkan investasi digunakan untuk mencapai satu tujuan tertentu dalam jangka waktu panjang. Umumnya investasi dapat digunakan untuk beberapa kepentingan yang membutuhkan dana cukup besar, seperti biaya pendidikan atau membeli aset rumah.

Pentingnya Dana Darurat

Cara yang tepat untuk mengelola risiko ketidakpastian adalah dengan menyiapkan dana darurat. Dana darurat ini disiapkan khusus untuk keadaan darurat yang membutuhkan uang cash dalam jumlah besar seperti sakit, terkena musibah maupun kehilangan pekerjaan. Idealnya dana darurat yang dianjurkan adalah sekitar 6 kali rata-rata pengeluaran bulanan. Pastikan Anda telah mempersiapkan dana darurat Anda sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

Sedangkan jika Anda sudah menikah namun belum memiliki anak, besaran dana darurat yang dibutuhkan adalah sekitar 9 kali jumlah pengeluaran rumah tangga. Lalu, jika Anda sudah menikah dan memiliki anak, besaran dana darurat yang dibutuhkan adalah 12 kali jumlah pengeluaran rumah tangga.

Tentukan Tujuan Berinvestasi

Setelah dana darurat telah selesai terkumpul, Anda dapat melanjutkan proses investasi. Pertama, tentukan terlebih dahulu tujuan investasi Anda serta jangka waktu yang dibutuhkan. Kemudian, Anda dapat mulai berinvestasi saham dan menyesuaikan kebutuhan Anda. Anda tidak perlu khawatir karena saat ini Anda sudah mulai dapat berinvestasi saham mulai dari nominal Rp100.000,- untuk mendapatkan saham perusahaan yang memiliki fundamental bagus.

Back
 

Copyright © 2022 MNC Sekuritas. All Right Reserved. A Member of MNC Group