Beranda

 
 
 

MERDEKA Finansial: Gak Takut Tanggal Tua maupun Hari Tua!

 

Sumber: Unsplash

Berapapun usia Anda, barangkali Anda akan selalu dihadapkan pada persoalan pengelolaan finansial yang tidak ada habisnya. Kemerdekaan finansial atau financial freedom dipopulerkan oleh pakar keuangan asal Amerika, Robert T Kiyosaki. Kemerdekaan finansial akan dicapai jika Anda memiliki sumber penghasilan pasif yang terus-menerus. Kondisi ini dapat Anda peroleh jika mampu membangun aset lebih cepat, yang dapat Anda lakukan dengan memulai investasi sedini mungkin. Semakin muda Anda mulai mengelola keuangan dengan baik, maka kemerdekaan finansial juga akan semakin cepat tercapai.

Periksa Pengeluaran Anda
Pastikanlah Anda tidak berbelanja lebih banyak daripada penghasilan Anda. Banyak orang merasa kesulitan mengontrol pengeluaran dan menghilangkan kebiasaan negatif itu. Anda perlu mengontrol dan membedakan antara keinginan dan kebutuhan.

Cara yang dapat Anda terapkan untuk memeriksa pengeluaran adalah dengan menetapkan tujuan finansial tiap bulan, seperti jumlah yang ingin Anda tabung, jumlah tagihan yang harus Anda lunasi, atau tujuan spesifik yang ingin Anda capai, misalnya untuk traveling dan modal bisnis.

Tujuan ini akan mengembalikan fokus keuangan Anda menjadi lebih konkret dan menjauhkan Anda dari pengeluaran yang tidak penting. Jangan foya-foya di tanggal/ masa muda, terus baper di tanggal/ masa tua yah!

Melunasi Semua Utang
Untuk mencapai kebebasan finansial, Anda sangat perlu mencatat utang Anda dan segera melunasinya. Pastikan Anda segera melunasi utang Anda sekalipun digunakan untuk kepentingan produktif seperti modal usaha. Utang yang Anda pinjam mencakup fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Multiguna (KMG), pinjaman online dan kartu kredit.

Jika dirasa terlalu sulit untuk melunasi utang secara langsung, Anda dapat mencicil utang Anda hingga lunas. Porsi ideal untuk mencicil utang adalah 30% dari gaji agar Anda dapat menjadi orang yang merdeka secara finansial.

Memiliki Passive Income
Selain memeriksa pengeluaran Anda dan melunasi semua utang, Anda juga sebaiknya memiliki passive income yang dapat mendukung untuk merdeka secara finansial. Passive income yang dapat Anda miliki adalah investasi. Anda dapat memperoleh passive income melalui tabungan saham.

Untuk menabung saham, modal yang Anda perlukan relatif kecil, hanya Rp 100.000,- atau kelipatannya per bulan. Menabung saham dapat memberikan imbal hasil berupa margin keuntungan antara selisih harga jual dan beli saham. Imbal hasil keuntungan menjual saham dikategorikan investasi karena hasil keuntungan menjual saham dapat melampaui kenaikan harga barang/ jasa setiap tahunnya.

Memikirkan Investasi Jangka Panjang
Anda ingin berinvestasi dan memilih instrumen investasi tertentu? Jangan ragu untuk berkonsultasi pada ahlinya. Anda pun harus bersikap realistis dan memahami cara kerja aset jangka panjang. Jika Anda ingin berinvestasi jangka panjang, pertimbangkan investasi di pasar modal karena potensi return yang cukup besar.

 

Tag : #Finansial #KebebasanFinansial #Investasi #Saham #Return #JangkaPanjang #Aset #Muda #Keuntungan #PassiveIncome
Copyright © 2019 MNC Sekuritas. All Right Reserved.