Beranda

 
 
 

New Normal, New Investment Lifestyle


Sejak COVID-19 menjadi pandemi di seluruh dunia, kita harus hidup "berdampingan" dengan kondisi tersebut. Kondisi normal baru di berbagai aspek mau tidak mau harus kita hadapi. Keadaan yang acapkali disebut juga dengan "New Normal" ini membuat banyak orang termasuk Anda harus menata ulang kehidupan. Selain pentingnya menjaga kebersihan untuk kesehatan fisik, Anda juga perlu menjaga kesehatan finansial. Adaptasi juga perlu dilakukan dalam berinvestasi, dimana Anda pun harus menyusun ulang portofolio Anda.

New normal dalam berinvestasi artinya bersikap bijak dalam mengatur keuangan, termasuk investasi Anda. Selain memastikan dapur tetap ngebul, Anda juga perlu memastikan pengeluaran tetap terkontrol, serta memiliki dana darurat dan investasi. Berikut ini rumus investasi new normal yang bisa Anda terapkan!

Beli Saham yang Relatif Murah
Jika Anda merupakan investor dengan tipe profil risiko agresif, Anda dapat memilih untuk membeli saham yang saat ini harganya sedang murah. Saat ini, sejumlah harga saham memang sedang murah dan terkoreksi. Pada saat ini, instrument berisiko tinggi memang lebih dihindari investor karena banyak investor masih wait and see. Tetapi, jika kondisi sudah membaik, harga saham pun akan kembali naik. Secara historikal, bursa saham lebih cepat bereaksi daripada ekonomi. Bursa saham Indonesia juga ikut bergerak setelah ekspektasi pemulihan ekonomi global yang berawal dari Amerika Serikat.

Pertajam Analisis Fundamental Anda
Tips lain yang dapat Anda terapkan adalah mempertajam analisis Anda. Untuk berinvestasi saham, Anda perlu untuk memiliki analisis yang tajam sehingga Anda bisa mengetahui kapan harus melakukan jual dan beli. Untuk mempertajam analisis fundamental Anda, Anda harus paham dengan situasi dan kondisi sektor. Sebagai contoh, suatu perusahaan memiliki laba yang cenderung naik, tapi bisa saja nilai sahamnya turun. Hal ini biasanya terkait sektor perusahaan yang mengalami penurunan harga. Jika Anda masih bingung melakukan pemilihan saham, akses saja menu MNC Research di aplikasi MNC Trade New, yang menampilkan saham-saham pilihan secara rutin dan update berita ekonomi secara aktual.

Kenali Saham yang Anda Beli
Anda perlu memiliki pengetahuan terutama mengenai saham yang akan Anda beli. Perhatikanlah ketahanan saham yang dapat Anda beli terhadap sentimen negatif. Perlu Anda ketahui bahwa tidak ada orang yang dapat meramalkan seperti apa yang akan terjadi di masa depan, namun Anda dapat mempelajari saham yang akan Anda beli terutama menggunakan data-data di masa lalu.

Anda memang sangat dianjurkan untuk memahami dengan baik seperti apa saham emiten yang Anda beli. Walaupun berada di dalam sektor yang sama, namun emiten satu dengan yang lain bisa saja memiliki keunikannya masing-masing. Itulah sebabnya, Anda perlu melihat model bisnis emiten saham yang Anda beli termasuk juga bagaimana track record emiten incaran Anda tersebut.

Jadi, sudah siap belum menghadapi New Normal? Tenang saja, MNC Trade selalu siap siaga dalam kondisi apapun, dengan fitur-fitur yang memudahkan Anda untuk bisa berinvestasi saham dengan nyaman dan maksimal!

 

Tag :
Copyright © 2020 MNC Sekuritas. All Right Reserved.