Beranda

RESEARCH

Company Update

09 Agustus 2021

Corporate Bond Report - PT Global Mediacom Tbk BMTR IJ

Group Media Terbesar dan Paling Terintegrasi di Asia Tenggara

BMTR merupakan perusahaan media terintegrasi dan terbesar di Asia Tenggara (SEA) yang memiliki 4 FTA nasional dengan audience share 53,9% per Jun-21, terbesar selama prime time. Selain itu, layanan DTH Pay-TV memiliki pangsa pasar hampir 91% melalui MNC Vision dan K Vision. Perseroan memiliki studio dan fasilitas penyiaran tercanggih di SEA untuk memproduksi konten in-house lebih dari 23.000 jam/tahun, serta memiliki manajemen artis terbesar dengan lebih dari 400 talent. BMTR terus meningkatkan kontribusi bisnis digital melalui super apps RCTI+, aplikasi all-in-one entertainment dengan 32,3 juta MAU pada Juni-21 dan juga portal berita online terbesar melalui Okezone.com, sindonews.com, dan inews.id dengan lebih dari 75 juta pengguna aktif bulanan (MAU) pada Mar-21.

 

 

Audience Share yang Tinggi Menopang Peningkatan Kinerja

BMTR berhasil membukukan peningkatan kinerja di 1Q21 dengan total pendapatan meningkat 5.85% QoQ/12.58% YoY menjadi Rp3,28 triliun (vs Rp2,91 triliun pada 1Q20). Sementara itu, laba bersih periode berjalan meningkat secara signifikan sebesar 57,48% YoY menjadi Rp396,65 miliar di 1Q21 dari Rp251,87 miliar di 1Q20. Peningkatan kinerja ditopang oleh konten berkualitas tinggi seperti drama andalan, Ikatan Cinta, terus menempati puncak program terbaik dengan rata-rata rating 12,5% dan audience share sebesar 47,1% per Jun-21. MNCN juga telah memperoleh lisensi untuk menyiarkan semua pertandingan UEFA EURO 2020 secara eksklusif. Kinerja yang solid ini diprediksikan akan tetap berlanjut di sepanjang FY21E didukung oleh market share yang tinggi.

 

Refinancing Obligasi Memperkuat Posisi Cash flow dan Peningkatan Modal Kerja

Perseroan secara konsisten menjaga posisi hutang yang rendah dan memperkuat posisi arus kas. Posisi total hutang terhadap total ekuitas (DER) hanya berada pada level 0,51x di 1Q21, jauh lebih rendah dibandingkan 1,03x di 2018. Kami menilai porsi utang yang relatif rendah dan arus kas yang kuat akan memberikan ruang lebih besar untuk BMTR melakukan strategi pendanaan melalui refinancing. Selain itu, sebagian dana hasil penerbitan obligasi akan digunakan untuk peningkatan modal kerja sehingga Perseroan dapat melakukan berbagai ekspansi baik organik maupun anorganik.

 

Prospek Pasar Obligasi Korporasi di 2021

Tren penurunan yield obligasi pemerintah 10 tahun diestimasikan berada pada level 6,46% di FY21E. Penurunan yield serta membaiknya persepsi risiko korporasi mendorong apresiasi kinerja Indeks INDOBeX Corporate Clean Price serta diikuti tren penurunan yield lebih dari 100 bps untuk obligasi korporasi bertenor 3 dan 5 tahun dengan rating AAA dibandingkan dengan awal tahun. MNCS menilai peningkatan permintaan atas obligasi korporasi dengan rating yang baik dan yield yang menarik masih akan tinggi didukung oleh pertumbuhan dana kelolaan serta likuiditas yang berlimpah seiring dengan adanya jatuh tempo obligasi korporasi yang diperkirakan mencapai Rp99 triliun di 2021.

 

Peluang Investasi yang Menarik dari PUB II Obligasi dan Sukuk BMTR Tahap II 2021

Obligasi dan Sukuk Ijarah Berkelanjutan II Tahap I tahun 2021 yang diterbitkan BMTR dapat menjadi pilihan investasi yang menarik dan diversifikasi portofolio. Hal tersebut didukung oleh: 1) Premium spread 100 lebih tinggi dibandingkan dengan spread wajar yield obligasi korporasi dengan rating sama; 2) Kupon indikatif yang ditawarkan lebih menarik dari obligor lain yang menerbitkan obligasi berkelanjutan dengan rating idA di tahun 2021 (lihat exhibit 12); 3) Kualitas aset yang dijaminkan berupa gadai atas saham IPTV sekurang-kurangnya sebesar 125% dari nilai pokok obligasi dan sisa imbalan Ijarah. Baik pendapatan maupun laba bersih IPTV mencatatkan pertumbuhan yang tinggi dengan peningkatan masing-masing sebesar 23% YoY dan 148% YoY di 1Q21; 4) Momentum penerbitan obligasi dan sukuk ijarah yang tepat di tengah kondisi suku bunga yang rendah.

 

Disclaimer On

BMTR

Back Download PDF
Copyright © 2022 MNC Sekuritas. All Right Reserved. A Member of MNC Group