Beranda

RESEARCH

Company Update

04 Maret 2019

MNC Morning Navigator 040319

Global Market Highlight

DJIA ditutup menguat 0,43% pada perdagangan Jumat (01/03) diikuti oleh penguatan S&P (+0,69%) dan Nasdaq (+0,83%) di tengah sentimen positif kesepakatan damai dagang AS-China dan sikap dovish The Fed dalam meningkatkan FFR. Sementara itu bursa Eropa bergerak positif sejalan dengan penguatan bursa AS. Pekan ini, pasar akan menanti rilisnya sejumlah data penting antara lain: 1) China National People's Congress dan neraca perdagangan China; 2) Neraca Perdagangan AS per 12M18 pada Rabu; 3) Data tenaga kerja AS per 2M19 pada Kamis; 4) Pengumuman ECB akan suku bunga Eropa.

Domestic Updates

1) BPS mencatatkan deflasi 0,08% MoM dan 2,57% YoY pada Feb-19 yang disebabkan oleh penurunan sejumlah harga komoditas mulai seperti harga BBM non subsidi Pertamax dan Pertamax Turbo, hingga bahan makanan seperti daging ayam dan cabai merah. 2) Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mengumumkan komitmen bersama dengan para anggotanya untuk melakukan kebijakan kantong plastik berbayar yang diterapkan mulai 1 Maret 2019.

Company News

  • UNTR menyiapkan belanja modal pada tahun 2019 sekitar USD700 juta-USD800 juta. Sekitar 80% belanja modal untuk pembaharuan alat berat di lini bisnis kontraktor penambangan. Sisanya untuk keperluan maintenance di lini bisnis lainnya. Sepanjang tahun 2019, fokus UNTR adalah mempertahankan layanan dan keunggulan operasional yang efektif dan efisien sehingga dapat mendukung bisnis pelanggan dengan tujuann ketika kondisi harga komoditas tidak baik, UNTR dan pelanggan memiliki ketahanan yang baik dan produktif. (Bisnis Indonesia)
  • KAEF mengalokasikan belanja modal untuk modal sebesar Rp4 triliun pada 2019. Sebesar  Rp2,5 triliun akan digunakan untuk ekspansi anorganik dengan mengakuisisi PT Phapros Tbk. KAEF itu sedang menyelesaikan proses akuisisi 56,77% saham Phapros yang dimiliki PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero). KAEF juga berencana mengakuisisi rumah sakit baik rumah sakit BUMN maupun swasta yang memberikan pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). KAEF berharap dapat menyelesaikan langkah akuisisi pada Maret 2019. Dengan akuisisi tersebut, pangsa pasar segmen farmasi KAEF yang semula 2,3% dapat meningkat menjadi 4%. (Bisnis Indonesia)
  • ITMG menganggarkan belanja modal sebesar USD122 juta. Adapun alokasi belanja modal pada tahun ini meningkat  sekitar 14,01% dan akan digunakan untuk perbaikan infrastruktur dan peningkatan kapasitas mesin serta peralatan tambang. Sumber dana direncanakan akan diperoleh dari internal kas perusahaan. Perseroan menargetkan produksi batubara pada FY19E sebesar 22,5 juta ton dan pada tahun ini,Perseroan menyasar pasar baru seperti Vietnam  dan Myanmar. (Kontan)

IHSG Update

IHSG menguat 0,88% ke level 6.499,88 pada perdagangan Jumat (01/03). Di sisi lain, investor asing masih melanjutkan aksi jual, tercermin dari net sell asing yang mencapai Rp510 miliar. Sementara itu nilai tukar rupiah terhadap USD melemah pada level Rp14.120. Kami perkirakan IHSG hari ini berada pada rentang 6.470-6.552 di tengah penantian pasar akan rilisnya data IKK dan pejualan ritel pada minggu ini. Todays Recommendation:  TINS, WTON, JPFA,EXCL.

 

Back Download PDF
Copyright © 2023 MNC Sekuritas. All Right Reserved. A Member of MNC Group